Ayo Jaga Kebersihan Lingkungan, Ayo Berantas Sarang Nyamuk

Rismel 23 April 2024 12:38:40 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Petugas dari Puskesmas Tepus II bersama kader kesehatan Padukuhan Dongsari melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk sebagai bagian dari upaya preventif di musim peralihan guna mengurangi risiko Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk ini bertujuan untuk memastikan lingkungan di Padukuhan Dongsari terjaga dari potensi penularan DBD yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Dengan kegiatan berupa mengunjungi rumah warga sebagai sampel dan memeriksa penampungan air dengan alat bantu penerangan. Dalam situasi musim peralihan yang rentan terhadap penyebaran penyakit, upaya preventif seperti pemeriksaan jentik nyamuk sangat penting dilakukan secara berkala.

Peran aktif masyarakat juga menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan lingkungan. Masyarakat diharapkan untuk rajin dan proaktif dalam mengelola lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari terbentuknya genangan air di pekarangan rumah, karena genangan air dapat menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit DBD.

Dengan kerjasama antara petugas kesehatan dan masyarakat dalam pemeriksaan jentik nyamuk serta menjaga kebersihan lingkungan, diharapkan dapat menekan angka kasus DBD di masyarakat. Upaya preventif ini menegaskan pentingnya peran bersama dalam melindungi kesehatan masyarakat dari risiko penyakit yang ditularkan oleh nyamuk (22/04/2024).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233