Ketua Bamuskal Tepus Ikuti Peningkatan Kapasitas Di Kabupaten Gunungkidul

Rismel 30 April 2024 10:37:34 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dalam upaya peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Se-Kabupaten Gunungkidul, DPMKP2KB Kabupaten Gunungkidul mengadakan acara pelatihan yang berlangsung pada 29 April 2024 di Balai Kepek Wonosari. Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanto, dari Kalurahan Tepus diikuti oleh Ketua Bamuskal yaitu Martoyo, S.E.

Dalam kesempatan tersebut, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai peran Inspektorat sesuai dengan Peraturan Bupati Gunungkidul No. 42 Tahun 2023. Tugas Inspektorat antara lain membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, tugas pembantuan oleh perangkat daerah dan pemerintah kalurahan, serta pengawasan penyelenggaraan sebagai urusan keistimewaan di daerah. Untuk melaksanakan tugas pengawasan, Inspektorat melakukan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan perangkat daerah dan pemerintah kalurahan melalui berbagai metode seperti Audit, Review, Evaluasi, Pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya.

Tidak hanya itu, dalam acara tersebut juga disampaikan materi mengenai tugas pokok dan fungsi Badan Permusyawaratan Kalurahan. Sebagai forum musyawarah dan perwakilan masyarakat di tingkat kalurahan, Badan Permusyawaratan Kalurahan memiliki peran penting dalam mengawal kebijakan pemerintah serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada Bamuskal serta memperkuat peran dan fungsi lembaga kemasyarakatan di tingkat kalurahan. Dengan peningkatan kapasitas dan pemahaman yang baik mengenai tugas dan fungsi masing-masing lembaga, diharapkan pemerintahan di tingkat kalurahan dapat semakin efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gunungkidul.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233