Rapat Persiapan Rasul Bumi Sajung Dloko : Akan Dilaksanakan Tanggal 10 Juni 2024

Rismel 02 Mei 2024 07:35:00 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Rapat persiapan rasul Bumi Sajung Dloko yang digelar di balai Padukuhan Dongsari berlangsung penuh antusiasme dengan dihadiri oleh warga Dloko Catur Manunggal, yang terdiri dari empat Padukuhan (Walangan, Kanigoro, Dongsari, dan Pacungan). Acara yang dihadiri oleh unsur dukuh, RT, RW, tokoh masyarakat, dan pemuda, membahas mengenai persiapan bersih dusun atau tradisi rasulan di tahun 2024 ini melalui diskusi dan musyawarah yang penuh mufakat.

"Hasil musyawarah yang dihasilkan dari rapat tersebut antara lain menetapkan bahwa tradisi rasulan akan dilaksanakan pada hari Senin Pon tanggal 10 Juni 2024, dengan lokasi di lingkup balai Kalurahan Tepus. Selain itu, dibahas pula mengenai kepanitiaan dan rencana penganggaran untuk mendukung kelancaran acara tradisi tersebut. Rangkaian acara dan hiburan yang direncanakan akan digelar dalam tradisi rasulan tahun 2024 ini antara lain meliputi tradisi ruwatan dan kesenian Jathilan yang diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan pengunjung acara," jelas Ramelan selaku tokoh masyarakat yang turut hadir dalam rapat.

Untuk mengentaskan lebih lanjut persiapan acara tersebut, diputuskan bahwa akan diadakan rapat koordinasi lanjutan oleh segenap panitia untuk menyelesaikan berbagai detail teknis maupun perencanaan yang masih perlu diperjelas. Semangat dan kerjasama antarwarga nampak begitu kental dalam persiapan tradisi rasulan ini, menunjukkan rasa gotong royong yang masih kuat di kalurahan Tepus.

Dengan hasil musyawarah yang telah mencapai kesepakatan, diharapkan tradisi rasulan Bumi Sajung Dloko tahun 2024 akan berjalan lancar dan sukses, serta mampu menjadi wahana penyatuan dan kebersamaan bagi seluruh masyarakat Dloko Catur Manunggal. Tradisi ini menjadi warisan budaya yang tak ternilai harganya dan perlu dipertahankan serta dilestarikan demi menjaga keberagaman dan kekayaan budaya lokal yang dimiliki oleh masyarakat Kalurahan Tepus (01/05/2024).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233