Posyandu Balita Serentak di Kalurahan Tepus Pada Bulan Mei 2024

Rismel 03 Mei 2024 12:34:55 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pada tanggal 03 Mei 2024, kegiatan serentak posyandu balita di Kalurahan Tepus telah dilaksanakan di beberapa Padukuhan, antara lain Gembuk, Blekonang I, Blekonang II, Blekonang III, dan Jeruk. Kegiatan ini dipandu oleh Kader Kesehatan Padukuhan yang telah terlatih.

Dalam pelaksanaannya, terdapat 5 meja posyandu yang disiapkan untuk memfasilitasi pemeriksaan dan konsultasi kesehatan bagi balita dan ibu hamil. Selain itu, dilakukan pula pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) sebagai upaya untuk meningkatkan gizi anak-anak dan balita yang hadir.

Melalui posyandu, masyarakat dapat mendapatkan akses lebih mudah terhadap layanan kesehatan berkala, termasuk pemeriksaan kesehatan rutin bagi balita dan ibu hamil. Dengan adanya kegiatan posyandu yang dilaksanakan secara serentak di beberapa Padukuhan, kontrol kesehatan masyarakat dapat lebih terjamin dan tersebar merata.

Peran Kader Kesehatan Padukuhan sebagai penggerak utama kegiatan posyandu juga memberikan dampak yang positif. Mereka tidak hanya sebagai fasilitator, tetapi juga sebagai sumber informasi dan konseling yang dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan keluarga mereka. Kader Kesehatan Padukuhan memegang peranan penting dalam edukasi dan penyuluhan mengenai kesehatan, termasuk gizi, vaksinasi, dan pola hidup sehat yang tentunya informasi tersebut didapat dari pihak Puskesmas setempat.

Pemberian PMT pada kegiatan posyandu juga memiliki dampak yang besar dalam meningkatkan status gizi balita dan anak-anak di Padukuhan tersebut. Pemberian makanan tambahan yang kaya nutrisi dapat membantu mencegah masalah gizi buruk dan meningkatkan pertumbuhan anak-anak secara optimal. Hal ini juga berdampak positif pada kesehatan dan perkembangan anak-anak.

"Hari ini di Posyandu Taliasih Gembuk, dari 18 balita yang seharusnya hadir, hanya 14 yang bisa datang. Beberapa di antaranya tidak bisa hadir karena sedang tidak enak badan atau sedang bepergian," ucap Sutini Kader Kesehatan Padukuhan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung