Mahasiswa STP AMPTA Yogyakarta Akan Adakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Dewi Kampus

Rismel 12 Mei 2024 21:09:45 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Satu tim mahasiswa dari STP AMPTA Yogyakarta sedang melakukan kunjungan di Desa Wisata Tepus. Disambut di sekretariat Desa Wisata Tepus, Minggu, 12 Mei 2024. Berjumlah enam mahasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah, salah satunya Sifa asal Kalimantan yang menyampaikan maksud kedatangan. "Tujuan utama kami untuk menggali informasi yang berkaitan dengan berbagai aspek terkait keberlangsungan dan pengelolaan desa wisata Tepus. Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas UAS dalam mata kuliah semester IV, selanjutnya akan diadakan program seputar pengabdian masyarakat dengan kami akan memberikan kontribusi terkait kemajuan Desa Wisata Tepus," ucapnya.

Dalam sesi wawancara dan diskusi bersama pengelola Desa Wisata Tepus, mereka memfokuskan penelitian pada beberapa topik penting, yaitu:

1. Daya Tarik Wisata

Mengeksplorasi kesulitan apa yang dihadapi dalam pengelolaan daya tarik wisata yang dimiliki oleh Desa Wisata Tepus. 

2. Amenitas

Selain itu, tim mengkaji fasilitas-fasilitas seperti homestay, toilet, restoran, tempat ibadah, dan parkir, serta fasilitas penunjang pariwisata lainnya. Mereka mengevaluasi ketersediaan fasilitas tersebut dan sejauh mana pemenuhan sarana dan prasarana tersebut dapat mendukung kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

3. Aspek Digital

Tim juga menyoroti aspek digital dalam pengelolaan desa wisata, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempromosikan dan meningkatkan daya tarik wisata Desa Wisata Tepus.

4. Kelembagaan dan SDM

Mengamati struktur kelembagaan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan desa wisata ini, serta sejauh mana hal tersebut mendukung keberlangsungan operasional dan pengembangan desa wisata.

5. Resiliensi

Fokus terakhir tim adalah pada resiliensi, yaitu bagaimana pengelolaan desa wisata ini dapat berkelanjutan dengan memperhatikan isu lingkungan dan memiliki manajemen risiko yang baik untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Dengan senang hati, pengelola Desa Wisata Tepus menjelaskan kondisi di desa wisata, dan berharap agar nantinya diadakan kerjasama yang bermanfaat. Mahasiswa siap memberikan kontribusi dan bantuan apabila ada kesempatan untuk membantu pengelolaan desa wisata ini. Mereka berencana untuk melakukan kunjungan lanjutan ke Desa Wisata Tepus untuk melanjutkan penelitian mereka dan memberikan rekomendasi yang lebih mendalam dan terperinci tentang kontribusi apa yang akan dijalankan. Selanjutnya mahasiswa tersebut melanjutkan perjalanan dengan berkunjung ke Pantai.

Dengan semangat riset dan pengembangan, tim mahasiswa ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya menjaga, mengembangkan, dan memajukan Desa Wisata Tepus serta mempromosikan keberagaman budaya dan potensi wisata yang dimiliki oleh Kalurahan Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233