Jadwal dan Rangkaian Acara Rasulan Tujuh Padukuhan di Desa Wisata Tepus

Rismel 15 Mei 2024 14:59:46 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Di bulan Mei ini, tujuh Padukuhan di Kalurahan Tepus akan merayakan tradisi Rasulan yang telah menjadi bagian dari warisan leluhur tradisi tahunan. Namun, sesuai cerita nenek moyang yang turun temurun, Padukuhan Ngasem dan Singkil memiliki hak untuk menjadi yang pertama dalam mengadakan kegiatan Rasulan, sebagai Padukuhan tertua di wilayah tersebut.

Sebagai bentuk penghormatan kepada cerita nenek moyang tersebut, Padukuhan Ngasem dan Singkil akan menjadi yang pertama mengadakan kegiatan Rasulan pada hari Senin Pahing tanggal 20 Mei 2024 ditandai dengan adanya ruwatan. Di Padukuhan Ngasem, tradisi ruwatan rasulan akan dilaksanakan di pagi hari, diikuti dengan pementasan kethoprak Trisno Budoyo di Padukuhan Singkil pada malam harinya.

Sementara itu, untuk lima Padukuhan lainnya yaitu Tepus I, Tepus II, Tepus III, Jeruk, dan Klumpit, mereka akan menyusul dalam merayakan Rasulan pada hari Jumat Legi tanggal 24 Mei 2024. Pada siang hari, akan dilaksanakan tradisi ruwatan rasulan di Balai Posyandu Tepus III dengan melibatkan seluruh warga dari kelima Padukuhan tersebut. 

Mengingat jarak waktu yang tidak terlalu lama antara kedua rangkaian acara Rasulan ini, tujuh Padukuhan Tepus telah menyusun jadwal rangkaian kegiatan dan hiburan yang beragam. Mulai dari pementasan kesenian tradisional seperti Jathilan dan kethoprak hingga orkes dangdut dan elektone, acara Rasulan di tujuh Padukuhan Tepus bukan hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga wadah pelestarian tradisi dan budaya yang kaya akan makna.

Dengan adanya perbedaan jadwal acara antara Padukuhan Ngasem - Singkil dan lima Padukuhan lainnya, masyarakat Kalurahan Tepus dapat menikmati keindahan serta keberagaman tradisi dan kesenian yang dimiliki oleh setiap Padukuhan. Melalui perayaan Rasulan ini, diharapkan generasi muda dapat terus menjaga dan memperkaya warisan budaya yang telah diteruskan oleh nenek moyang mereka selama ini.

Adapun jadwal kegiatan rasulan dari tujuh Padukuhan yaitu sebagai berikut :

1. Senin, 20 Mei 2024 pukul 10.00 WIB - Selesai di Padukuhan Singkil ada tradisi Ruwatan sebagai puncak rasulan di Padukuhan Ngasem dan Singkil.

2. Senin, 20 Mei 2024 pukul 21.00 WIB - Selesai di Padukuhan Singkil ada pementasan Kethoprak Trisna Budaya.

3. Selasa, 21 Mei 2024 pukul 13.00 WIB - Selesai di Padukuhan Singkil ada hiburan elektone Dimas Pro.

4. Selasa, 21 Mei 2024 pukul 19.30 WIB - Selesai di pertigaan Tepus ada kesenian Jathilan Kudho Asih Manunggal.

5. Rabu, 22 Mei 2024 pukul 19.30 WIB - Selesai di Padukuhan Tepus III ada kesenian Jathilan Singo Barong.

6. Kamis, 23 Mei 2024 pukul 13.00 WIB - Selesai di pertigaan Tepus ada hiburan masyarakat orkes dangdut.

7. Jum'at , 24 Mei 2024 pukul 09.00 WIB - Selesai di Balai Posyandu Padukuhan Tepus III ada ruwatan sebagai simbol acara rasulan lima Padukuhan.

8. Jum'at, 24 Mei 2024 pukul 19.30 WIB - Selesai di Padukuhan Klumpit ada kesenian Jathilan Kudho Prakoso sebagai penutupan rasulan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kalurahan Tepus hingga masyarakat luar baik itu wisatawan, yang diperkenankan untuk berkunjung ke Desa Wisata Tepus dalam rangkaian acara tradisi rasulan ini. Sehingga dapat menyaksikan berbagai kesenian sambil merasakan kehidupan sosial masyarakat.

Masyarakat sebagai pedagang pun dapat memanfaatkan momen ini sebagai ajang perputaran ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM. Biasanya dijajakan berbagai makanan tradisional di lokasi keramaian tersebut. Karena dengan adanya berbagai hiburan dan kesenian ini, biasanya antusias masyarakat meningkat untuk berkunjung, hingga menyaksikan kesenian tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233