Pertemuan Gapoktan Tepus Bahas Pasca Panen di Demplot Pertanian

Rismel 16 Mei 2024 15:32:49 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pertemuan Gapoktan Tepus dihadiri oleh ketua Gapoktan dan pengurus harian, serta ketua kelompok tani dari 20 Padukuhan telah membahas beberapa hal strategis untuk pengembangan pertanian di Kalurahan Tepus.

Salah satu poin utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai laporan hasil panen jagung dari demplot pertanian yang dilaksanakan pada 2 Mei lalu. Hasil panen jagung tersebut telah dirupiahkan, dan hasilnya dibagi dengan kelompok tani Pacungan sebagai penggarap. Sementara itu, dana sisa dari hasil panen jagung disimpan sebagai dana kas oleh Gapoktan. Langkah proaktif ini menunjukkan komitmen Gapoktan Tepus dalam memastikan keberlanjutan dan transparansi pengelolaan hasil pertanian di kalurahan. Selain itu penanaman jagung di demplot tahun ini menjadi evaluasi kegiatan selanjutnya untuk memperoleh hasil panen yang lebih meningkat. Untuk selanjutnya lahan demplot akan ditanami palawija dan sayur.

Selanjutnya, Gapoktan Tepus juga menyampaikan usulan inovasi program ketahanan pangan melalui rencana budidaya ikan nila salin yang akan bekerjasama dengan tambak ikan di Pantai Trenggole. Beberapa hari yang lalu, perwakilan Gapoktan telah menjalin komunikasi dengan pihak tambak untuk memanfaatkan kolam di tambak sebagai tempat budidaya ikan nila. Harapannya, budidaya ikan nila ini dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kalurahan Tepus. Dengan program ini, diharapkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh dalam budidaya ikan nila dapat diterapkan di setiap Padukuhan, memperkuat ketahanan pangan masyarakat dan diversifikasi produk pertanian. Rencananya kegiatan ini akan dimulai sekitar bulan Juni atau Juli.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibahas persiapan subsidi benih jagung. Upaya ini bertujuan untuk mendukung petani dalam menyiapkan lahan dan bahan baku yang berkualitas untuk budidaya jagung di musim lemarengan (menjelang musim kemarau) ini. Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian jagung di Kalurahan Tepus dan secara keseluruhan meningkatkan kesejahteraan petani. Acara berlangsung di balai Padukuhan Pacungan pada tanggal 16 Mei 2024.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233