Rakor Bidang Kesehatan Bersama Stakeholder Kalurahan Tepus

Rismel 17 Mei 2024 16:49:02 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Rapat koordinasi yang dilaksanakan antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) / Pamong Kalurahan dan masyarakat dihadiri oleh enam Dukuh, yaitu Trosari II, Tepus III, Jeruk, Dongsari, Pacungan, dan Pakel. Acara ini turut dihadiri oleh ketua PKK Kalurahan beserta satu anggota, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMK), serta dua orang Kader Kesehatan dari setiap padukuhan. Kolaborasi antara Pemerintah Kalurahan Tepus dan UPT Puskesmas Tepus II menjadi landasan pelaksanaan rapat koordinasi yang dilaksanakan di balai Kalurahan ini (17/05/2024).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Lurah Tepus, didampingi oleh Pelaksana Tugas Kamituwa, serta dihadiri oleh pihak Puskesmas Tepus II sebagai narasumber utama. Beberapa poin penting yang menjadi rangkaian pembahasan dalam rapat tersebut antara lain adalah:

1. Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K): Membahas strategi serta langkah yang akan diambil dalam meningkatkan upaya perencanaan persalinan yang aman dan pencegahan komplikasi yang mungkin terjadi.

2. Apresiasi dan Evaluasi Kegiatan ACF (Rongsen Dada): Memberikan penghargaan dan mengevaluasi keberhasilan kegiatan Active Case Finding (ACF) terkait pemeriksaan rontgen dada yang telah dilakukan sebelumnya.

3. Pemaparan Materi tentang Persiapan Survei Mawas Diri: Memaparkan informasi serta persiapan yang perlu dilakukan terkait pelaksanaan survei mawas diri untuk memantau dan memitigasi potensi masalah kesehatan masyarakat.

4. Pemaparan tentang Penimbangan dan Pemantauan Jentik Nyamuk: Menyampaikan informasi terkait pentingnya kegiatan penimbangan balita secara berkala serta pemantauan terhadap perkembangan jentik nyamuk sebagai langkah preventif menjaga kesehatan lingkungan.

Dengan adanya forum rapat koordinasi ini, diharapkan dapat tercipta sinergi antara pemerintah Kalurahan serta masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Melalui kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak terkait, diharapkan program-program kesehatan seperti Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan merata.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233