Sosialisasi Padat Karya dan Pengembangan Potensi Desa Tahun 2024

Si J 18 Mei 2024 14:33:22 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sabtu (18/05/2024) di tempat di aula Kalurahan Tepus berlangsung kegiatan Sosialisasi Padat Karya Pengembangan Potensi Desa Tahun 2024 yang akan berjalan di Padukuhan Jeruk dan Klumpit. Dalam kesempatan ini hadir Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta, Lurah Tepus, Ulu-Ulu Kalurahan Tepus, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (LPMKal) dan calon pekerja pada karya pengembangan potensi desa.

Acara di buka dengan membaca do'a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, di lanjutkan dengan sambutan dari Lurah Tepus, Bapak Hendro Pratopo,S.IP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih atas program padat karya yang telah di berikan di wilayah Kalurahan Tepus, semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan potensi yang ada di wilayah Kalurahan Tepus.

Materi inti dari sosialisasi ini disampaikan oleh perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY. Beliau menyampaikan bahwa padat karya pengembangan potensi desa ini bersumber dari Dana Keistimewaan (Dais) Tahun Anggaran 2024. Sasaran dari pekerja padat karya ini adalah pengangguran dan setengah pengangguran yang berasal dari keluarga miskin. Program padat karya ini merupakan stimulan pengembangan potensi desa dengan memberikan material berupa semen dan upah tenaga yang nantinya di harapkan di tambah dengan adanya swadaya dari masyarakat dalam proses pelaksanaannya. Dalam proses pelaksanaannya nanti sejumlah orang pekerja tersebut akan di bagi menjadi 2 kelompok dengan 1 orang sebagai ketua kelompoknya, serta akan ada 1 orang yang bertugas sebagai petugas lapangan yang akan membantu dan mendampingi selama program ini berjalan.

Selanjutnya dalam materinya disampaikan bahwa pembangunan harus melihat beberapa aspek, aspek ekonomi dengan adanya pembangunan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Aspek sosial, pembangunan harus dapat mempertahankan kegiatan sosial seperti gotong-royong. dan Aspek Kelestarian Lingkungan, yang setiap pelaksanaan pembangaunan musti tetap menjaga kelestarian lingkungannya. Padat Karya Pengembangan Potensi Desa, di harapkan dengan adanya program ini mampu memberikan dampak terhadap potensi desa. Potensi desa sendiri dapat dipetakan dengan memandang potensi ekonomi yang ada, potensi sosial dan juga potensi seni-budaya yang kemudian dikembangkan bersama-sama dengan instansi/ pihak terkait baik pemerintah maupun akademisi. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233