Pertemuan Kader KB Kalurahan Tepus -Pentingnya KB Pasca Persalinan

Si J 22 Mei 2024 10:38:32 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Telah diselnggarakannya kegiatan Sosialisasi KB Pasca Persalinan bertempat di di Aula Kalurahan Tepus dihadiri Pamong Kalurahan serta Kaber KB Kalurahan Tepus, dengan narasumber bapak Hudoyo Selaku PKB Kapanewon Tepus Rabu, 22/05/2024.

Menurut Bapak Hudoyo, belum maksimalnya capaian KB pasca persalinan di Kapanewon Tepus sampai bulan Mei masih di angka 20 persen. Hal tersebut dikarenakan masih banyak ibu hamil yang belum sepenuhnya mendapatkan dukungan keluarga untuk menjadi akseptor KB, yakni dalam kurun waktu hingga 42 hari setelah melahirkan. Selain itu, lanjut dia, juga disebabkan minimnya sosialisasi sehingga ibu hamil kurang mengetahui pentingnya KB pasca persalinan.

Untuk itu, perlu ada langkah-langkah promosi dan sosialisasi kepada ibu hami dengan pendekatan budaya dan kearifan lokal, serta memperkuat strategi konseling berimbang dan persuasif, baik oleh bidan, penyuluh dan pendamping lapangan KB.

Selanjutnya ibu hamil dapat berkonsultasi pada dokter dan bidan mengenai kelebihan dan efek samping setiap jeni KB agar lebih mudah menentukan pilihan. Jenis pilihan metode kontrasepsi jangka panjang terdiri dari kontrasepsi mantap (tubektomi atau vasektomi), AKDR/IUD, dan AKBK/implan. Sedangkan, jenis pilihan metode kontrasepsi jangka pendek terdiri dari suntikan, pil, dan kondom. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233