Lurah Tepus Hadir Dalam FGD Bersama Dirjen Bina Pemdes - Perencanaan Pembangunan Desa

Rismel 28 Mei 2024 11:23:33 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Selasa, 28/05/2024 - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa mengadakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Implementasi Model Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif Tahun 2024 di Aveon Hotel Yogyakarta. Acara full day tersebut dihadiri oleh Lurah Tepus, Hendro Pratopo, S.IP. Tujuan FGD ini adalah untuk menyinkronkan dan optimalisasi proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Desa dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota secara partisipatif. Acara tersebut berlangsung di Jl. Padjajaran (Ring Road Utara), Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIY.

Acara dimulai dengan Pengarahan Umum oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa. Selanjutnya, dilakukan pembahasan empat topik penting bersama narasumber, yaitu:

1. Kebijakan dan Peran Provinsi dalam Perencanaan Pembangunan Desa

2. Identifikasi Arah Kebijakan dan Sinkronisasi Program Prioritas RPJMD dengan RPJM Desa

3. Partisipasi Deliberatif dalam Implementasi Perencanaan Pembangunan Desa

4. Peran Kecamatan dalam Pembinaan Perencanaan Pembangunan Desa (Sinkronisasi dan Konsistensi Dokumen Renbangdes)

Setelah pembahasan topik selesai, dilanjutkan dengan sesi FGD yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh peserta. Pada tahap selanjutnya, dilakukan Penyusunan Berita Acara Kesepakatan sebagai hasil kesepakatan yang dicapai dalam FGD. Acara tersebut ditutup dengan penutupan yang memenuhi harapan untuk dapat mengoptimalisasi tata cara penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Desa secara partisipatif sesuai dengan kewenangan dan pedoman yang berlaku.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233