Pemdes Gemarang Madiun Kunjungan Ke Wisata Edukasi UMKM Singkong - Dewi Kampus

Rismel 01 Juni 2024 19:03:54 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sabtu, 01/06/2024 - Desa Wisata Tepus diwarnai dengan kunjungan istimewa dari Pemerintah Desa Gemarang, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sebanyak 25 wisatawan tiba untuk menikmati paket wisata edukasi UMKM Olahan Singkong di Padukuhan Pakel, Tepus. Kedatangan mereka disambut penuh hangat oleh pengelola Desa Wisata. Rombongan tersebut diajak menjelajah Desa Wisata Tepus dengan menggunakan jeep adventure, sebelum berkunjung ke rumah produksi olahan singkong.

Di rumah produksi tersebut, para wisatawan bertemu, berinteraksi, melihat, dan bahkan berpraktek langsung dalam mengolah singkong menjadi berbagai olahan makanan khas. Mereka juga berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pengelolaan desa wisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Tepus. Selain itu wisatawan juga berbelanja produk olahan singkong. Acara ini berlangsung meriah dan penuh antusiasme, menggugah semangat kolaborasi dan pembelajaran yang positif.

Kunjungan ini memberikan manfaat yang besar bagi Desa Wisata Tepus. Selain mengenalkan potensi UMKM olahan singkong mereka kepada wisatawan dari luar, kunjungan ini juga membuka peluang kerjasama dan promosi yang lebih luas. Melalui interaksi langsung dengan pengelola desa wisata, wisatawan memperoleh wawasan tentang pengembangan pariwisata berkelanjutan yang berbasis pada keterlibatan aktif masyarakat lokal. Selain itu, kunjungan ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, memberikan kesempatan bagi penduduk setempat untuk menyediakan layanan dan produk bagi wisatawan, serta meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan lingkungan dan kearifan lokal.

Dengan demikian, kunjungan dari Pemerintah Desa Gemarang merupakan langkah positif dalam memperkuat jaringan antardestinasi wisata di Indonesia, mempromosikan keberagaman produk UMKM lokal, serta memberdayakan masyarakat desa untuk turut serta dalam pengembangan sektor pariwisata. Hal ini juga menciptakan momentum yang baik untuk meningkatkan kerja sama antara desa-desa wisata dalam mengoptimalkan potensi lokal mereka menuju pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif. Setelah berwisata edukasi, wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Pantai.

Dengan demikian, Desa Wisata Tepus dapat merasa bangga atas kunjungan istimewa ini dan semakin termotivasi untuk terus mengembangkan potensi pariwisata dan UMKM mereka. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233