Pemerintah Kalurahan Tepus Mendukung Penuh Tradisi Rasulan

Si J 10 Juni 2024 15:02:57 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Rasulan atau Bersih Dusun merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . Di jawa khususnya, ritual bersih dusun telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih dusun di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. 

Ritual Bersih Dusun dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat padukuhan, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga padukuhan untuk satu tahun mendatang. 

Ritual Bersih Dusun sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen tiba dan tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Dusun.

Untuk itu Pemerintah Kalurahan Tepus memberikan dukungan terhadap padukuhan-padukuhan yang melaksanakan kegiatan Rasulan atau bersih dusun, salah satunya hari ini Senin, 10 Juni 2024 Lurah Tepus Hendro Pratopo,S.IP didampingi oleh carik dan Ketua Desa Wisata Tepus menyerahkan dukungan kepada 4 Padukuhan Dloko (Kanigoro, Walangan, Dongsari, Pacungan) dan satu hari sebelum Pada kegiatan yang sama memberikan Dukungan Kegiatan Rasulan di Padukuhan Pakel pada hari Minggu,tanggal 09 Juni 2024.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233