Padukuhan Pakel Menggelar Rasulan Minggu Pahing - RT 01 dan 02

Rismel 11 Juni 2024 07:52:53 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Padukuhan Pakel Kalurahan Tepus usai merayakan acara rasulan berlangsung di blok RT 1 dan 2 pada hari Minggu, 09 Juni 2024. Sebelumnya, telah dilaksanakan nyadran di Resan Kayu Bibis, diikuti dengan genduri yang meriah. Malam harinya, acara diisi dengan dangdutan. Sebelum dangdutan dimulai, diawali dengan pentas seni tari dari anak-anak Pakel.

Acara menampilkan Tari Angguk Jos dan Tari Dolanan Padang Bulan, yang dipentaskan oleh para anak dari Padukuhan Pakel. Informasi terkait pelaksanaan rangkaian acara rasulan ini disampaikan oleh Ketua Panitia, Jumiyo. Antusiasme warga Pakel terlihat tinggi pada acara tersebut, dengan harapan bisa menjadi momen yang tak terlupakan bagi seluruh penduduk kalurahan dan sebagai pesta rakyat yang kental akan kebudayaan.

Menariknya di Padukuhan Pakel sendiri terdiri dari enam RT, namun keempat RT yang lainnya belum melaksanakan tradisi rasulan. Hal ini karena tiap blok RT memiliki kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Dimana dua RT berdekatan, dan empat RT lainnya membentuk blok sendiri (terkenal blok Nglobong).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233