Kethoprak Joko Tarub, Kreasi Seni dari Padukuhan Pudak Kalurahan Tepus

Rismel 11 Juni 2024 18:05:36 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kethoprak merupakan seni pertunjukan tradisional Jawa yang menggabungkan elemen drama, tari, musik, dan komedi. Pertunjukan kethoprak mengambil cerita dari epik Jawa atau cerita rakyat yang diadaptasi ke dalam pementasan teater. Kethoprak sering kali mengandalkan dialog yang menghibur dan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh para pemain.

Setelah sempat redup dan dirintis kembali baru-baru ini, pertunjukan Kethoprak Joko Tarub dari Padukuhan Pudak Kalurahan Tepus kembali tampil perdana dalam acara rasulan Pudak dan berhasil memukau penonton. Mereka mempersembahkan lakon Aji Guro Manggolo, sebuah kisah yang bercerita tentang kehidupan dan petualangan seorang ksatria yang menghadapi berbagai ujian dan konflik dalam menjalani takdirnya.

Ketua kelompok seni Kethoprak ini adalah Purgiman, dengan sutradara Mujono. Mereka telah berhasil menghidupkan kembali seni Kethoprak di Kalurahan Tepus dan membawa semangat baru dalam melestarikan warisan budaya dan seni tradisional Jawa di Padukuhan Pudak.

Kalurahan Tepus sangat menjunjung tinggi nilai adat dan seni sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas dan kearifan lokal mereka. Melalui pertunjukan Kethoprak Joko Tarub, mereka tidak hanya menghibur masyarakat dengan seni yang memikat, tetapi juga turut melestarikan warisan budaya dan tradisi yang turun-temurun.

LINK : https://www.youtube.com/live/aYYSSA8pQU4?si=_MShfKmRFHStKXob

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung