Rewang: Warisan Tradisi Gotong Royong dalam Persiapan Hajatan di Kalurahan Tepus

Rismel 16 Juni 2024 19:04:44 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Di Kalurahan Tepus, tradisi rewang menjadi bagian tak terpisahkan dari persiapan sebuah hajatan. Rewang adalah kegiatan pra-acara yang melibatkan keterlibatan masyarakat yang akan berperan membantu hajatan. Dengan semangat gotong royong, masyarakat berkumpul di rumah warga yang akan mengadakan hajatan untuk mempersiapkan segala kebutuhan dan memastikan acara berjalan lancar.

Dalam tradisi rewang, masyarakat bekerjasama untuk menyiapkan tempat yang nyaman bagi tamu undangan, mendekorasi ruangan, menyusun kursi, mempersiapkan dapur, serta membagi tugas kerja untuk saat acara hajatan berlangsung. Keterlibatan tokoh masyarakat, Ketua RT, RW, Karangtaruna, dan Dukuh setempat sangatlah penting dalam koordinasi kegiatan rewang ini.

Dari segi sosial, tradisi rewang memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas di antara masyarakat. Melalui kolaborasi dalam persiapan hajatan, hubungan antarwarga semakin terjalin erat dan saling mendukung satu sama lain. Tradisi ini juga menjadi wadah untuk memupuk nilai gotong royong dan kebersamaan yang semakin langgeng dalam kehidupan masyarakat.

Dari segi adat dan tradisi, rewang merupakan warisan budaya yang turun temurun di Kalurahan Tepus. Kegiatan ini mengakar kuat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sebagai bentuk penghargaan terhadap norma-norma sosial dan nilai-nilai luhur yang telah diterapkan oleh leluhur mereka. Melalui rewang, generasi muda pun diajak untuk memahami dan menjaga tradisi serta adat istiadat yang berlaku di masyarakat.

Dokumentasi kegiatan : Pra-acara hajatan di Padukuhan Tepus II (16/06/2024).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233