Sholat Hari Besar Idul Adha di Kalurahan Tepus: Merenungkan Hikmah Qurban

Rismel 17 Juni 2024 08:29:20 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - 17/06/2024 - 10 Dzulhijjah 1445 H, sebagian warga Kalurahan Tepus merayakan Hari Raya Idul Adha dengan semangat dan kebersamaan di lapangan Gesik. Dalam ibadah sholat yang dipimpin oleh Imam Ustadz Anwar Wibowo, umat Muslim memperingati momen suci ini dengan penuh kekhusyukan dan rasa syukur. 

Hari Idul Adha tidak hanya menjadi ajang perayaan, namun juga mengandung hikmah yang dalam bagi umat Islam. Peristiwa Qurban yang menjadi inti dari peringatan Idul Adha mengajarkan kita tentang pengorbanan, keikhlasan, dan solidaritas antar sesama. 

Hikmah terbesar dari Qurban adalah kesediaan untuk berkorban demi ketaatan kepada Allah SWT. Ketika Nabi Ibrahim AS siap untuk memenuhi perintah Allah dengan menjalankan Qurban terhadap putranya, Nabi Ismail AS, ia menunjukkan kepatuhannya yang luar biasa. Pengorbanan ini juga merupakan pengingat bagi kita bahwa kita harus rela mengorbankan sesuatu yang kita cintai demi Allah, sebagaimana Nabi Ibrahim.

Keikhlasan juga menjadi nilai penting dalam perayaan Idul Adha. Ketika kita melakukan Qurban, haruslah dilandasi dengan niat suci untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengharapkan ridha-Nya. Tidak boleh ada pamrih atau keinginan yang lain selain mencari keridhaan Allah dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233