Menggali Tradisi Kuliner Lokal: Mahasiswa PhD Taylor's University Survei di Dongsari

Rismel 17 Juni 2024 11:26:10 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - 17/06/2024 -  Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari (Tiwi), seorang mahasiswa PhD dari Taylor's University, Malaysia, bersama dengan timnya, melakukan survei lapangan di Padukuhan Dongsari, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Gunungkidul. Penelitian ini dilakukan untuk mendukung disertasinya yang berjudul "Eksplorasi Transformasi Gender dalam Kerja yang Berkaitan dengan Pangan di Gunungkidul, Indonesia: Dampak Modernisasi (Pariwisata)".

Sebelumnya, telah dilakukan koordinasi dengan Lurah Tepus dan Ketua Desa Wisata guna mengadakan penelitian di Desa Wisata Tepus dan mengambil paket homestay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami lebih dalam tentang kebiasaan makan lokal dan dampak modernisasi, khususnya dalam konteks pariwisata.

Tiwi dan timnya bertemu langsung dengan warga setempat, berinteraksi, dan melakukan wawancara mendalam seputar kebiasaan makan. Wawancara meliputi karakteristik responden, menu tradisional, jenis bahan makanan lokal, lokasi membeli bahan makanan, cara menyiapkan makanan, kegiatan saat makan, serta praktik dan norma makanan yang berlaku di Kalurahan Tepus.

Penelitian ini juga menggali pandangan masyarakat terkait makanan serta praktik memasak yang terjaga dengan baik dalam budaya lokal. Tiwi berharap penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memahami transformasi gender dalam industri pangan lokal, khususnya di Gunungkidul.

Dengan dukungan dari kalangan akademisi internasional, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang hubungan antara tradisi kuliner, modernisasi, dan peran gender dalam kehidupan masyarakat setempat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233