Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Wilayah Puskesmas Tepus II di Padukuhan Trosari I

Si J 25 Juni 2024 12:53:09 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dalam rangka menjalankan Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), yang mana kegiatan tersebut di selenggarakan Oleh Tim dari Puskesmas Tepus II yang bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Tepus untuk mensosialkan Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Pamong Kalurahan Tepus, Puskesmas Tepus II, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, ibu-ibu PKK, dan masyarakat Padukuhan Trosari I, Selasa (25/06). Bayu Susilo selaku Kaur Pangrepta yang mewakili Lurah Tepus dalam Sambutanntya " Masyarakat dihimbau agar tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat, (PHBS) dan mendukung salah satu program visi misi Puskesmas Tepus II. 

Tujuan Dari pada Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) Yaitu: Pendekatan untuk merubah perilaku Higiene dan Sanitasi melalui pemberdayaan Masyarakat dengan metode pemicuan. Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), di Khususkan untuk sekala Rumah Tangga Sehingga Program ini Adalah Program Yang Berbasis Masyarakat.

Ada 5 Pilar STBM Yaitu :

1. Stop BAB sembarangan, yang mana masyarakat di ajak untuk tidak buang air besar sembarangan seperti disungai, dihutan atau pun disembarangan tempat yang bisa berakibat menjadi tempat perkembang biakan serangga atau binatang penular penyakit.

2. Cuci tangan pakai sabun, dengan mencuci tangan pakai sabun ini dapat menurunkan resiko penyakit menular dan dapat mengeliminir penyakit.

3. Penggelolaan air minum rumah tangga, yang mana air jernih belum tentu bebas dari kuman dan masyarakat di ajak untuk memasak air sebelum dikomsumsi.

4. Higiene sampah atau pengamanan sampah, dengan 3R yaitu REDUCE yang berarti menggurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, REUSE atau menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama atau pun fungsi lain dan yang terakhir RECYLE yang berarti mengolah kembali sampah menjadi barang yang baru (daur ulang).

5. Pengolahan Limbah Cair rumah tangga seperti limbah jamban yang mencakup air seni dan tinja dan limbah non jamban seperti air bekas cucian atau sejenisnya.

Mandi Cuci Kakus ( MCK ), merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting bagi kebutuhan Masyarakat, sehingga masyarakat tidak membuang air besar sembarangan, Tim dari Puskesmas Tepus II berharap kepada semua peserta yang hadir agar Tetap Koordinasi Atau Sosialisasi kepada Masyarakat lain, supaya tidak BAB Sembarangan.dan Cuci tangan setelah BAB, Dan Tidak membuang sampah sembarangan, itu merupakan salah satu bentuk keperdulian terhadap lingkungan masyarakat supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan untuk menuju masyarakat Kalurahan Tepus yang sehat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233

Monggo Ramaikan Senam Gratis dan Untuk Umum Bagi Warga Kalurahan Tepus