Pemerintah Kalurahan Tepus Hadiri Kegiatan Rakor Satuan Tugas One Health

Si J 12 Juli 2024 10:24:36 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pemerintah Kalurahan Tepus yang diwakili bagian Kamituwa menghadiri kegiatan Rakor Satuan Tugas One Health Kapanewon pada Jumat 12 Juli 2024 bertempat di Ruang Rapat UPT Puskesmas Tanjungsari.

Dalam kegiatan ini membahas tentang kasus Zoonosis dan Tular vektor. Penyakit yang ditularkan melalui vektor dan zoonosis (VBZD) merupakan penyakit menular yang penularannya melibatkan hewan inang atau vektor.

Penyakit yang ditularkan melalui vektor adalah infeksi yang ditularkan (menyebar) melalui gigitan artropoda (vektor) pemakan darah yang terinfeksi seperti nyamuk, kutu, dan kutu. Vektor dapat membawa patogen (kuman) menular seperti bakteri, virus, dan parasit yang jika ditularkan menjadi agen penyebab penyakit umum seperti Lyme, Anaplasmosis, Babesiosis, Ehrlichiosis, West Nile Fever, Zika, Dengue, dan Malaria.

Konsep One Health adalah salah satu konsep baru bagaimana mencegah penyakit pada hewan berpindah ke manusia. One Health menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya outbreak di masa mendatang, sekaligus sebagai suatu upaya kolaboratif dari berbagai sektor. One Health adalah pendekatan pemersatu yang diindikasikan yang bertujuan untuk secara berkelanjutan menyeimbangkan dan mengoptimalkan hubungan erat dan ketergantungan diantara manusia hewan dan ekosistem, mengakui kesehatan hewan peliharaan dan liar, tumbuhan, dan lingkungan yang lebih luas. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233

Monggo Ramaikan Senam Gratis dan Untuk Umum Bagi Warga Kalurahan Tepus