Pelatihan Pembuatan Cocofiber Oleh KKN UGM di TPS3R

Si J 16 Juli 2024 20:32:35 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pada tanggal 16 Juli 2024, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berada di Padukuhan Pacungan melakukan pelatihan pembuatan cocofiber di Tempat Pembuangan Sampah 3R (TPS3R) Kalurahan Tepus. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengolah limbah kelapa menjadi bahan baku cocofiber yang dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti pertanian dan konstruksi.

Selama pelatihan, para peserta diajarkan langkah-langkah dalam proses pembuatan cocofiber mulai dari pengupas kulit kelapa, pengeringan, hingga penggilingan menjadi serat-serat halus. Mereka juga diberikan pengetahuan mengenai manfaat cocofiber serta cara penggunaannya secara efektif.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi masyarakat sekitar dalam memanfaatkan limbah kelapa secara optimal, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah sampah organik yang berakhir di TPS3R. Selain itu, penggunaan cocofiber yang ramah lingkungan juga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat. Semoga pelatihan ini dapat memberikan dampak positif dan mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan di masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233

Monggo Ramaikan Senam Gratis dan Untuk Umum Bagi Warga Kalurahan Tepus