Gunungkidul Tourism Fest Tahun 2023 Sukses Digelar Di Tepus, Cingkrang Hills

Rismel 28 September 2023 00:40:30 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sebagai peringatan hari pariwisata dunia Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengadakan acara dan menjadikan Kalurahan Tepus sebagai tuan rumah ajang penyelenggaraan Gunungkidul Tourism Fest (GTF) 2023. GTF Di Kalurahan Tepus berkolaborasi dengan acara tahunan gelar budaya sebagai promosi desa wisata Tepus. Sejak tanggal 18 September sampai puncaknya yaitu GTF pada 27 September 2023 selama sepuluh malam berturut-turut di Ruang Terbuka Hijau Cingkrang Hills Kalurahan Tepus disuguhkan hiburan kesenian untuk masyarakat dan wisatawan.

Puncaknya Rabu, 27 September 2023 Gunungkidul Tourism Fest menampilkan beragam atraksi, kuliner, seni, dan budaya khas Gunungkidul.

Pembukaan Gunungkidul Tourism Fest diawali dengan kirab pariwisata dimulai pukul 15.00 WIB. Kirab pariwisata ini diikuti oleh unsur Panewu dan Forkompinkap Tepus, Pemerintahan Kalurahan Tepus, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Dimas Diajeng Kabupaten Gunungkidul, Pengelola Desa Wisata, Reog Pariwisata, dan juga masyarakat sekitar dengan mengenakan pakaian Jawa lengkap dan membawa gunungan (berisi pangan lokal dan produk UMKM lokal) dan tumpeng dari titik awal (Jalan Singkil-Cingkrang) menuju Ruang Terbuka Hijau Cingkrang Hills Kalurahan Tepus. 

Setelah sampai di lokasi, dilanjutkan dengan genduri pariwisata yang dipimpin oleh seorang rais untuk memanjatkan doa bersama sekaligus potong tumpeng. Kegiatan ini juga diikuti oleh hadirin tamu undangan dari beberapa OPD terkait dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Seusai prosesi genduri selesai, kemudian masyarakat disuguhkan hiburan berupa Reog Manggala Mataram asal Kabupaten Gunungkidul.

Pada Gunungkidul Tourism Fest ini juga turut berpartisipasi UMKM yang tergabung dalam stand pameran produk UMKM lokal Gunungkidul baik berupa kuliner, kerajinan, karya seni, ataupun jasa layanan. Sehingga masyarakat dan pengunjung yang hadir dapat mengunjungi stand pameran untuk mengenal produk asli Gunungkidul sekaligus berbelanja.

Pada panggung hiburan yang megah, serangkai acara Gunungkidul Tourism Fest ini dilanjutkan dengan hiburan musik dari grup band Rumandika yang membawakan lagu-lagu nge-hits saat ini.

Memasuki malam hari, acara GTF dilanjutkan dengan sesi Ceremonial dengan sambutan berupa tarian tradisional. Ceremonial ini dihadiri oleh Bupati Gunungkidul (H. Sunaryanta) beserta Ibu, dan seluruh tamu undangan dari berbagai pemangku kepentingan. Diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul untuk menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya acara ini. Kemudian sambutan Bupati Gunungkidul yang dilanjutkan dengan bernyanyi. Bupati Gunungkidul terlihat berbaur bernyanyi bersama masyarakat dan pengunjung acara yang memadati arena penonton.

Setelah Ceremonial selesai, kemudian dilanjutkan penampilan musik atau konser bernuansa keroncong dengan penyanyi King Gaseng, Evan Loss, dan Damara De.

 

Salam pesona Indonesia, wonderful Indonesia

Salam pesona Yogyakarta, Istimewa

Salam pesona Gunungkidul, Handayani

Salam Desa Wisata Tepus, Orasebaene

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233