Atraksi Wisata dan Kesenian Lokal, Jelajah Pesona Desa Wisata Tepus Tahun 2023 (Season II)

Rismel 10 Oktober 2023 23:05:32 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Atas dukungan Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Desa Wisata Tepus berkesempatan menyelenggarakan sebuah acara dalam rangka promosi desa wisata Tepus.

Yaitu Atraksi Wisata dan Kesenian Lokal, Jelajah Pesona Desa Wisata Tepus pada malam hari, Selasa 10 Oktober 2023. Acara tersebut berpusat di Kawasan Wisata Pantai Pulangsawal (Indrayanti) Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Dalam acara tersebut menampilkan tiga jenis kesenian lokal berupa :

1. Tari tradisional dari Sanggar Tari Sekar Kemuning berasal dari Padukuhan Klumpit, Tari Mangestuti.

2. Tari Janggrung Bangun Laras dari Padukuhan Gembuk yang diiringi oleh Karawitan Ngudi Laras.

3. Kreasi Seni Jathilan Kudho Manunggal dari Padukuhan Tegalweru, tari babak putri.

Lebih rinci, atraksi wisata ini bertujuan untuk mempromosikan Desa Tepus sebagai destinasi wisata yang unik dan autentik, sekaligus memberikan wadah bagi seniman lokal untuk menunjukkan kreativitas.

Hadir pada acara tersebut yaitu Lurah Tepus, Pamong Kalurahan, Polsek Tepus, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pengurus Desa Wisata Tepus, Pengurus Pokdarwis, Pengurus Bumdes, Karang Taruna Kalurahan, Lembaga Kalurahan, dan KKN AMPTA Yogyakarta.

Tak hanya disaksikan oleh stakeholder dan masyarakat lokal, atraksi wisata kali ini juga disaksikan secara langsung oleh wisatawan atau tamu yang menginap di Desa Wisata Tepus. Yaitu rombongan dari Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur sebanyak 45 orang menikmati sajian kesenian juga berbaur dan menyatu dengan masyarakat lokal.

Atraksi wisata ini juga didokumentasikan oleh tim dokumentasi Dewi Kampus sebagai media promosi basis sosial media memanfaatkan teknologi informasi yang pesat saat ini.

 

Tepus Orasebaene

Lestari Budayane

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233