Merintis Kembali Kekayaan Budaya di Pudak - Kethoprak Joko Tarub

Rismel 07 Mei 2024 10:11:41 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Padukuhan Pudak, Kalurahan Tepus, diadakan pembahasan dimana upaya merintis kembali kesenian Kethoprak "JOKO TARUB" tengah dilakukan dengan penuh semangat oleh pelaku seni setempat. Dalam rapat pertemuan yang diselenggarakan, para pelaku seni di Padukuhan Pudak sepakat untuk menghidupkan kembali tradisi kesenian yang bernilai sejarah dan kultural ini.

Menyadari pentingnya mempertahankan warisan budaya leluhur, kesenian Kethoprak "JOKO TARUB" dipilih sebagai fokus utama untuk dibangkitkan kembali di Padukuhan Pudak. 

"Kesenian ini rencananya akan dipentaskan dalam acara rasulan yang akan digelar di Padukuhan Pudak pada bulan Juni mendatang. Hal ini menjadi momentum yang tepat untuk menyaksikan keunikan dari kesenian tradisional yang telah lama meredup. Merintis kembali kesenian Kethoprak "JOKO TARUB" akan menghidupkan kembali keberagaman seni dan budaya tradisional, yang turut menjadi identitas dan kekayaan budaya di Tepus. Dengan demikian, generasi muda pun akan lebih terpapar dan terlibat dalam tradisi budaya nenek moyang kita," kata Hendro, Dukuh Pudak seusai pertemuan di balai Padukuhan (06/05/2024).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233