Tradisi Bersih Telaga Kalen Melestarikan Warisan Budaya di Blekonang Tepus

Rismel 17 Juni 2024 13:24:12 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Tiga padukuhan di Kalurahan Tepus (Blekonang I, Blekonang II, Blekonang III) menjaga tradisi Bersih Telaga sebagai upaya pelestarian warisan budaya mereka. Telaga Kalen, yang dahulu terkenal sebagai sumber air yang tidak pernah kering meskipun dalam kemarau panjang, kini telah kehilangan airnya. Tradisi Bersih Telaga diadakan sebagai penghormatan terhadap telaga yang telah memberi manfaat bagi banyak penduduk dan tetangga padukuhan di wilayah tersebut.

Bersih Telaga diperingati pada hari Senin Kliwon, 17 Juni 2024. Juru kunci telaga mengungkapkan bahwa adanya kesenian Ogleng merupakan wujud kesenangan makhluk yang tinggal di sekitar telaga dan turut berperan dalam menjaga kelestarian airnya. Meskipun telaga telah kering, tradisi ini tetap dilestarikan tiap tahun hingga saat ini untuk menjaga ketentraman bagi penduduk di Blekonang.

Upacara Bersih Telaga kali ini ditandai dengan penampilan Kesenian Ogleng, diikuti dengan tradisi genduri yang dihadiri oleh Panewu Tepus, Lurah dan pamong, pelestari budaya, lembaga, masyarakat, dan juga pengamanan dari Polsek Tepus. Malam harinya, pagelaran wayang kulit di lapangan Ngeplang (Padukuhan Blekonang I) memperkaya acara tradisional tersebut. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233