Nyadran Mbah Panjer Dihadiri Lurah

mz 31 Mei 2021 23:49:04 WIB

Tepus (SIDA SAMEKTA) - Konon Mbah Panjer adalah sebutan seorang leluhur yang dimakamkan di alas Panjer, masuk dalam wilayah Kanigoro Tepus. Tempat ini disebut "panjer" karena menjadi tempat ditancapkan tiang baling-baling (kitiran - jw) yang menjadi asal muasal sebutan daerah Dloko.

Menurut cerita para sesepuh yang pernah ditanya oleh redaksi, jaman dahulu wilayah dloko merupakan daerah yang belum ditempati oleh manusia karena masih berwujud alas atau hutan. Seorang linuwih yang pertama kali menempati daerah ini kemudian memasang sebuah kitiran dengan ukuran besar hingga berbunyi " dlok .. dlok ... Orang yang berada di dekat daerah itu mendengar dan terjadi percakapan, " sing dlok dlok kae opo .. (yang dlok dlok di sana itu apa). Yang lain lalu menjawab, " sing dlok dlok iku seko kono iko .." (yang dlok dlok itu dari sana) sambil menunjuk arah tempat asalnya suara. Percakapan inilah yang konon menjadi awal sebutan daerah tersebut dinamakan Dloko yang meliputi Walangan, Kanigoro, Dongsari dan Pacungan saat ini.

Sekarang ini makam Mbah Panjer masih sering diziarahi oleh masyarakat setempat atau disebut nyadran. Kegiatan dilakukan pada hari Senin Pahing menurut hari pasaran jawa sebelum masyarakat melaksanakan rasulan pada Senin Pon. Seperti pada hari ini (Senin, 31/05/2021) masyarakat dari empat padukuhan melaksanakan kenduri di makam Mbah Panjer. Acara yang dipimpin oleh seorang tetua adat ini berlangsung secara sederhana di dekat makam Mbah Panjer. Ada yang berbeda pada nyadran kali ini dengan hadirnya Lurah Tepus Supardi, SP yang ikut membaur mengikuti genduren (kenduri - ind). Menurut beliau kehadirannya semata-mata untuk dekat dengan rakyatnya dan ikut secara langsung dalam sebagian tradisi khusus yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat (yn)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233