Diikuti Peserta dari Berbagai Daerah, Lomba “Plinthengan" Akan Kembali Berlangsung di Tepus

Rismel 28 Oktober 2023 09:49:27 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - PPK Ormawa UAD Yogyakarta dan Karangtaruna Kalurahan Tepus bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan Tepus, Sedulur Plintheng Gunungkidul, dan PSSC Solo akan mengadakan event perlombaan ketapel bertajuk Open Turnamen Desa Ketapel Kalurahan Tepus Gunungkidul. Pelaksanaan event ini berlangsung pada Minggu, 29 Oktober 2023 di Halaman Balai Kalurahan Tepus dengan disediakan berbagai jenis hadiah. Dengan kategori multi target membuka kuota 100 shooter bagi peserta tingkat nasional. Dari Kalurahan Tepus juga mengirimkan atlet sebanyak enam atlet sebagai peserta turnamen. Dipantau dari hasil pendaftaran sampai hari ini, Sabtu 28 Oktober 2023 tercatat sebanyak 91 peserta yang akan mengikuti turnamen ini. Sesuai data peserta yang akan mengikuti turnamen datang dari berbagai komunitas ketapel.

Dikutip dari information center,  selain peserta dari Gunungkidul, turnamen ini akan diikuti peserta dari berbagai daerah seperti Solo, Sukoharjo, Semarang, Tegal, Salatiga, Boyolali, Wonogiri, Sleman, Magelang, bahkan ada peserta yang berasal dari Bandung (Jawa Barat).

"Selain dari Gunungkidul, open turnamen ini akan diikuti oleh komunitas dari Solo, Semarang, Bandung, Tegal, dan beberapa daerah lainnya. Kami berharap turnamen ini akan berjalan sukses di Kalurahan Tepus dengan bantuan dukungan dari Pemerintah Kalurahan Tepus dan juga dukungan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul," kata Turistyo selaku Pengurus Karangtaruna Kalurahan dan koordinator event.

Diketahui sebelumnya bahwa program Desa Ketapel di Kalurahan Tepus merupakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat binaan PPK Ormawa UAD Yogyakarta yang juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kalurahan Tepus. Selain itu Karangtaruna Kalurahan Tepus juga telah melakukan audiensi ke Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul tentang program ini, yang selanjutnya olahraga tradisional ketapel atau mlinteng bisa menjadi alternatif atraksi wisata (welcome game) di Desa WisataTepus. Respon positifnya kemudian pada open turnamen ini rencananya juga akan dihadiri oleh pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul untuk menyaksikan langsung ke arena kompetisi.

Lomba ketapel merupakan salah satu jenis lomba olahraga tradisional yang menarik minat banyak orang. Peserta akan menggunakan ketapel untuk melempar proyektil (biasanya menggunakan gotri yang disebut Ammo) ke target yang ditentukan. Lomba ini tidak hanya menguji keahlian dalam mengoperasikan ketapel, tetapi juga kecepatan, ketepatan, dan strategi peserta.

Dalam Open Tournament yang akan berlangsung besok, menggunakan sistem Multi Target, dimana peserta akan membidik 5 (lima) sasaran berupa lingkaran dengan diameter yang berbeda dalam waktu yang telah ditentukan.  Pemenang ditentukan dari jumlah nilai tertinggi yang diperoleh. Akan diambil empat peserta dengan nilai tertinggi yang akan mendapatkan Sertifikat, trophy, dan uang pembinaan jutaan rupiah.

Artikel terkait :

https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/2971-Dua-Kali-Adakan-Kompetisi-Ketapel--Kalurahan-Tepus-Wujudkan-Status-Desa-Ketapel

https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/2731

https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/2811-Pelaksanaan-Kompetisi-Ketapel-Kategori-Multi-Target-Kalurahan-Tepus

https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/2813-Siapa-Peraih-Juara-Kategori-Lokal--Pemula---Lomba-Ketapel-Kalurahan-Tepus

https://desatepus.gunungkidulkab.go.id/first/artikel/2970-Sosialisasi-Bahaya-Narkoba-Bagi-Generasi-Muda-Melalui-Lomba-Mlintheng--Ketapel-

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233