Mengenal dan Melestarikan Budaya : Permainan Tradisional Egrang

Rismel 30 April 2024 20:40:43 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Permainan tradisional egrang telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Kalurahan Tepus, dan bahkan hingga hari ini permainan ini masih hidup dan berkembang. Egrang merupakan salah satu permainan yang menguji keseimbangan dan keberanian pemainnya. 

Dalam permainan egrang, pemain akan menggunakan jangkungan kayu dan atau bambu berbentuk panjang yang diikatkan pada potongan bambu besar sebagai penopang. Dengan berjalan di atas egrang, pemain harus menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak jatuh. Permainan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga melatih ketrampilan motorik dan keberanian.

Sebagai masyarakat, termasuk generasi milenial, penting bagi kita untuk tetap terhubung dengan warisan budaya zaman dahulu. Salah satunya melalui pengenalan, penghormatan, dan pelestarian permainan tradisional seperti egrang. Dengan memperkenalkan kembali permainan egrang dalam kirab budaya di Kalurahan Tepus di tahun 2024 ini, kita memberikan kesempatan bagi anak-anak masa kini untuk mengenal dan menyelami warisan budaya yang ada di sekitar mereka. Di samping itu, langkah ini juga merupakan upaya konkret dalam melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kalurahan Tepus.

Dengan semangat melestarikan tradisi dan budaya, kirab budaya peringatan hari jadi Kalurahan Tepus ke 76 yang menampilkan permainan egrang tidak hanya menjadi acara hiburan semata, tetapi juga sebuah wadah pendidikan yang berharga bagi generasi muda. Melalui pengenalan dan partisipasi dalam permainan tradisional seperti egrang, diharapkan anak-anak dapat menghargai serta melestarikan warisan budaya yang telah ada sejak zaman dulu.

Dengan semangat dan keuletan dalam melestarikan tradisi egrang dan budaya lokal lainnya, masyarakat Kalurahan Tepus tidak hanya menghidupkan kembali nilai-nilai luhur leluhur, tetapi juga mewariskannya kepada generasi mendatang sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas dan kebanggaan lokal.

Dokumentasi permainan egrang : saat momentum kirab budaya peringatan hari jadi Kalurahan Tepus ke 76 (14 April 2024).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233